Menu
Loading...
Wednesday, March 21, 2018

Cara Menjaga Catridge Printer supaya Awet dan Tahan Lama

Pada Tutorial kali ini kita akan mencoba berbagi tentang Catridge, bagaimana supaya Catridge bisa Awet dan Tahan Lama. 

Sebelumnya mari kita mengenal tentang cara kerja dari head catridge.
Head berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta sedangkan Catrdige sebagai wadah tampungan tinta yg akan sisalurkan ke head.

Biasanya Printer Merek Canon atau HP sering mengabungkan keduanya yaitu head dan catridge menjadi 1 bagian, dan untuk merek Epson memisahkan antara head dan Catridge.
Canon / HP

Epson


Cara Kerja Head Catridge : 
Ketika printer diperintah untuk Print, maka akan diolah oleh board printer dan terakhir board printer akan mengirim perintah ke head untuk melakukan pencetakan. Setelah itu head mengatur filamen pemanas yg ada di dalamnya untuk mengatur tinta mana yg harus dikeluarkan untuk sebuah gambar maupun tulisan. 

Jadi kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Jika terjadi pemanasan yg berlebihan  (print dalam jumlah banyak / nonstop) akan membuat catridge cepat panas, maka dalam hal ini tinta printer itu bertindak sebagai pendingin juga. jadi Fungsi tinta ini juga sebagai oli kalau dikendaraan bermotor dan sangat penting sekali, maka jangan sampai catridge dibiarkan kosong terlalu lama.

Pemanasan head yg berlebihan ini diakibatkan oleh :
1. Memprint dalam jumlah banyak dan tidak ada jeda / istirahatnya
2. Tinta habis dan printer masih dipakai untuk memprint, 

Itulah kenapa catrdige warna Canon atau HP sering banget rusaknya, karena :
1. Warna jarang digunakan, sehingga nozzle buntu hingga mengakibatkan tinta kering, dan akibatnya akan terjadi pemanasan berlebih akibat tidak ada pendingin yaitu tinta, karena tinta macet.
2. Tinta warna habis dan tidak di isi, maka akan terjadi pemanasan berlebih pada head dan akibatnya chip di head akan hangus.

Tips Catridge Printer Awet dan Tahan Lama :

  1. Jangan memprint dalam jumlah banyak secara langsung, tapi istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau memprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.
  2. Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.
  3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai memprint) lebih dari 5 -7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus memprint sekali yg hitam dan warna (gunakan untuk memprint foto)
  4. Jangan sering ganti merk tinta, karen keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.
  5. Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.
  6. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.
Demikianlah Cara Menjaga Catridge Printer upaya Awet dan Tahan Lama, jika ada yg mau nambahkan dipersilahkan tulis di komentar

Salam
Share this article with your friends.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP